Saturday 25 May 2013

URL apa ya?



Pada awal belajar nge.blog ada beberapa istilah-istilah baru yang masih asing dan belum begitu paham, salah satunya adalah istilah URL. Langkah menanyakan langsung sesama teman blogger adalah hal pertama yang saya ambil, dan lebih puas lagi saya dapatkan melalui informasi di internet.
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator,Uniform Resource Locator (diterjemahkan bebas: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar - diInternet.URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web (WWW).

Sejak1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier(URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.
Yang masih bingung dengan tulisan teknis diatas,supaya mudah dimengerti,saya share penjelasan mudah sebagai berikut.
URL itu seperti alamat rumah kita,nah supaya orang bisa menemukan alamat rumah kita maka dibuatkanlah dalam sebuah kode-kode atau tulisan.
Url itu prinsipnya sama dgn alamat rumah,untuk pengguna internet menemukan file2 di internet maka di buatkanlah kode-kode standar yang baku.
Contoh URL blog saya ini http://doanknesaga.blogspot.com/ Beberapa atribut URL diatas meliputi http://:protokol baku awal pembuat url doanknesaga : username atau nama blog saya  blogspot:domain blog saya com:component object model.
jadi kesimpulannya url itu adalah hakekatnya adalah sebuah alamat di internet sama seperti alamat rumah kita.

No comments: